Informasi Karir

Pengembangan Sumber Daya Manusia

 

Adira Insurance percaya bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset penting perusahaan. Oleh karena itu, Adira Insurance menempatkan pengelolaan SDM sebagai salah satu aspek strategis yang mempunyai pengaruh penting dan menentukan dalam menciptakan "Keunggulan Bersaing " yang sangat dibutuhkan organisasi. Pengelolaan SDM ini tidak hanya bertujuan untuk menarik karyawan baru yang berpotensi tetapi juga mempertahankan karyawan potensial yang sudah bergabung di Adira Insurance. 

Untuk menjawab tantangan di dunia bisnis yang dinamis ini, pengelolaan SDM di Adira Insurance menerapkan prinsip “lean & mean” dalam struktur organisasinya, didukung dengan Information Technology yang optimal, serta komitmen yang tinggi untuk membentuk budaya pembelajaran setiap lapis dan fungsi dalam organisasi. Demi terlaksananya pengelolaan SDM yang optimal, prinsip-prinsip ini diterapkan dari proses Recruitment & Selection, People Development, Performance Management, sampai dengan Reward Management, mulai dari level admin, officer, analyst, sampai jajaran manajemen.

Recruitment & Selection

Proses rekrutmen adalah satu titik penting karena merupakan pintu gerbang bagi calon karyawan untuk masuk kedalam suatu organisasi atau perusahaan. Proses rekrutmen memegang peran penting dalam mendapatkan calon karyawan yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan, dalam jumlah yang sesuai, serta pada waktu yang tepat. Proses rekrutmen di Adira Insurance sendiri terdiri dari beberapa tahap, yaitu :

  1. Seleksi Administrasi
  2. Psikotest
  3. Inteview HRD
  4. Interview User
  5. Interview Direksi*
  6. Negosiasi (Offering Letter)
  7. Pemeriksaan Kesehatan (MCU)

Rangkaian proses ini untuk menjaring calon karyawan yang sesuai dengan kriteria dan standar Adira Insurance, baik dalam hal soft competency dan functional competency.  



Development Program

Sejak awal didirikan, Adira Insurance menyadari bahwa SDM memegang peranan yang sangat strategis bagi perkembangan bisnis. Oleh karenanya, Adira Insurance merancang development program yang diperuntukan baik bagi karyawan internal maupun calon karyawan yang baru akan bergabung dengan Adira Insurance.

Salah satu development program unggulan yang dimiliki oleh Adira Insurance sejak tahun kedua berdiri adalah Management Trainee Program (MT). Management Trainee, atau yang lebih sering disebut MT, adalah suatu development program yang diperuntukan oleh pelamar lulusan baru terbaik dari seluruh Indonesia untuk dapat ditempatkan pada fungsi-fungsi strategis di perusahaan. Untuk mengikuti program ini, beberapa syarat administrasi yang perlu dipenuhi oleh pelamar adalah sebagai berikut.

  1. Pendidikan minimal S1
  2. Usia maksimal 25 tahun untuk lulusan S1 dan 26 tahun untuk lulusan S2
  3. Minimal IPK 3.00

Di program ini para MT akan diberikan kesempatan tidak hanya untuk langsung terjun ke dunia kerja tetapi juga untuk belajar lebih dalam mengenai industri asuransi baik dari aspek bisnis maupun operasional, business process di Adira Insurance, budaya serta value dari Adira Insurance sendiri. Selama 18 bulan program, para MT akan diberi pembekalan baik dalam hal soft competencies dan functional competencies dari para ahli di bidanganya.

Selain Program Management Trainee ini, Adira Insurance juga memiliki development program lainnya yaitu Officer Development Program (ODP) yang diperuntukan bagi lulusan baru dengan minimal pendidikan D3 dan IPK minimal 3.00 untuk dapat ditempatkan pada fungsi Bisnis maupun Operasional di Adira Insurance. Untuk program ini sendiri bedurasi kurang lebih 6 bulan, dimana sama seperti program MT, selama program para ODP juga akan dibekali mengenai asuransi dan Adira Insurance.

Untuk dapat bergabung di development program ini, para pelamar perlu melewati serangkaian tahap seleksi mulai dari psikotest, interview HRD, interview user, interview Direksi, serta pemeriksaan kesehatan. Disamping kedua program ini sendiri, Adira Insurance juga terus merancang development program lainnya, baik bagi internal karyawan maupun calon karyawan, untuk menjawab kebutuhan bisnis di industri asuransi.


Rekrutmen

Tahapan pertama pada proses rekrutmen adalah psychotest. Aspek yang ditest meliputi bakat maupun minat, test ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana mereka memenuhi requirement yang telah ditetapkan sekaligus mengetahui kesesuaian posisi yang kelak bisa ditempati mereka.
Ada 4 kriteria utama di aspek soft competence yang menjadi parameter kelulusan, yaitu

1.    Analytical & Conceptual Thinking
2.    Achievement Orientation
3.    Willingness to Learn
4.    Teamwork.

Setelah lolos tahap tes mereka akan melalui tahap kedua yaitu proses interview yang dilakukan berjenjang mulai dari Human Capital Development (HCD) sampai dengan Board of Director, kurang lebih terdapat 4 jenjang interview yang harus dilalui seorang calon MT.
Tahap terakhir adalah proses medical check up untuk mengetahui kondisi kesehatan yang bersangkutan agar dapat bekerja dengan baik. Proses seleksi yang sangat ketat ini sengaja dibuat sedemikian dengan harapan bisa mendapatkan calon yang qualified sesuai dengan yang diharapkan.


Manajemen Kinerja

Sumber daya manusia yang dimiliki oleh suatu perusahaan adalah aset unik yang membedakan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya karena tidak pernah ada manusia yang memiliki keahlian yang persis sama. Penting bagi suatu perusahaan untuk menyadari keunikan ini, mengembangkan serta mengarahkannya dalam usaha mencapai tujuan perusahaan. Menyakini hal ini, Adira Insurance merancang People Development System dan Performance Management System yang disesuaikan dengan industri, karakteristik, budaya, dan kebutuhan perusahaan.

Beberapa bentuk penerapan dari kedua sistem ini, yaitu :

  1. Penentuan model kompetensi yang sebagai dasar pengembangan karyawan, baik soft competencies maupun functional competencies.
  2. Pengukuran tingkat kompetensi tiap karyawan dan pembuatan rencana pelatihan tahunan untuk karyawan.
  3. Pelaksanaan training secara periodik.
  4. Pembuatan “performance plan” untuk setiap individu yang diturunkan dari objektif perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang.
  5. Pelaksanaan “performance review” dalam bentuk “coaching & counseling” yang dilakukan secara periodik oleh atasan beracuan pada kinerja karyawan tersebut dan pengamatan day-to-day;
  6. Performance evaluation untuk memberikan nilai, baik finansial maupun non-financial, dan masukan atas kinerja karyawan dalam periode tertentu; dan berbagai hal lainnya.

Aktivitas-aktivitas ini merupakan adalah bentuk usaha yang dilakukan oleh Adira Insurance untuk mengembangkan SDM yang dimilikinya, tidak hanya untuk tujuan organisasi semata tetapi juga untuk mengembangkan karyawan tersebut sebagai seorang individu.


Bergabung di Adira Insurance

Kirimkan CV lengkap, fotokopi ijazah, fotokopi transkrip nilai, fotokopi KTP, foto KK, dan pas foto terbaru ke email RecruitmentJakarta@asuransiadira.co.id dengan subject [Posisi yang dilamar]. So, Join us in Adira Insurance !