Asuransi Jangka Pendek untuk Liburan

Diterbitkan Pada Dec, 02 2019 16:59 | Oleh admin

Musim liburan tahun ini memang mengasyikkan jika diisi dengan berlibur bersama keluarga dan kerabat dekat. Menempuh perjalanan jauh untuk berlibur tentunya membutuhkan persiapan. Sebagai ritual tahunan yang melibatkan mobilitas tinggi kendaraan, risiko saat di perjalanan kian bertambah ketimbang kondisi normal.

Bila mobil Anda belum dijamin oleh asuransi atau mungkin masa asuransi mobil Anda telah habis tentu bisa membuat waswas. Dengan adanya risiko selama perjalanan itu, bisa jadi tingkat kerugian meningkat. Semisal insiden yang membuat rusaknya mobil kesayangan.

Nah, untuk mengakomodasi kebutuhan perlindungan kendaraan seperti musim liburan ini, Anda bisa mengoptimalkan asuransi untuk jangka pendek (short period) yang disediakan beberapa perusahaan asuransi. Selain Anda bebas menentukan rentang waktunya, biaya premi asuransi jangka pendek ini relatif terjangkau. Seperti apakah bentuknya?

Bila umumnya premi asuransi kendaraan biasa berkisar 3—4% dari harga mobil, maka biaya short period ini hanya beberapa persen dari premi normal.

Seperti PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) yang menawarkan produk perlindungan khusus menyambut musim liburan tahun ini. Setidaknya ada tiga produk asuransi berjangka waktu pendek untuk melindungi pemohon dan harta benda yang mereka tinggalkan untuk sementara waktu.

Pertama, asuransi kebakaran untuk pemohon yang akan meninggalkan rumah mereka. Kedua, asuransi kendaraan bermotor bagi yang mengendarai kendaraan selama berpergian. Ketiga, asuransi perjalanan untuk risiko kecelakaan diri selama perjalanan.

“Produk yang kami tawarkan ini berjangka pendek selama musim libur (lebaran) saja. Sehingga, masyarakat bisa bepergian dengan tenang tanpa khawatir apabila risiko terjadi terhadap aset (rumah dan kendaraan bermotor) dan dirinya,” imbuh Indra Baruna, Direktur Utama Adira Insurance.

“Produk berjenis short term cover ini, memiliki jangka waktu sekitar dua pekan. Preminya pun relatif terjangkau berkisar Rp 100 ribu dan dijual dengan mudah, bisa melalui website resmi perusahaan kami,” tambah Indra.

Tak heran kalau Dewan Asuransi Indonesia (DAI) memfasilitasi aturan pokok asuransi jangka pendek ini, walau penjabaran tergantung perusahaan asuransi. Hal yang sama dituturkan Garda Oto. Menurut Iwan Pranoto, Communication and Event Head Asuransi Astra, pihaknya menawarkan paket Mudik Comprehensive sudah termaksud tanggung jawab hukum pihak ketiga serta ragam layanan unggulan Garda Oto termaksud proses klaim mudah, Garda Akses, layanan Garda Q’Repair, jaminan suku cadang asli, garansi hasil kerja bengkel selama 6 bulan dan Garda Siaga 24 Jam.

“Meski premi tanggungan jangka pendek relatif murah, tapi isi pertanggungan tidak beda dengan asuransi normal dengan periode satu tahun. Baik untuk Comprehensive (all-risk) atau Total Loss Only (TLO),” jelas Iwan.

Iwan menambahkan, “Asuransi jangka pendek ini pun akan menjadi payung untuk melindungi sepanjang perjalanan dan kembali, serta memberikan pertanggungan yang meliputi medical cover, worldwide emergency assistance, personal accident hingga travel inconvenience.”

“Memang idealnya, asuransikan mobil Anda selama satu periode (satu tahun). Sebab seluruh tanggungan yang berkenaan dengan mobil Anda sudah terlindungi untuk jangka waktu tersebut,” tutur Iwan.

Tentu saja, jaminan pada musim liburan seperti ini sudah termasuk di dalamnya. Anda tidak harus dipusingkan lagi membayar premi untuk event tertentu dan bersifat jangka pendek.

Caranya, tidak sulit. Relatif sama kala aplikasi asuransi umumnya untuk menerbitkan polis. Syarat serta tata cara pun sama. Seperti mengisi formulir hingga survei. . Selanjutnya, survei dilakukan untuk memastikan kendaraan tersebut dalam keadaan baik sebelum dilakukan penutupan asuransi.

Bagikan Berita Ini :

Berita Terkait